Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGERTIAN INTERNET/INTRANET dan SEJARAH SINGKAT INTERNET




A.    PENGERTIAN INTERNET/INTRANET
Kata Internet merupakan salah satu kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Kita sering membaca kata internet baik melalui media cetak ataupun mendengar melalui media elektronik. Dalam kehidupan sehari-hari, internet juga bukan menjadi hal yang asing dalam kehidupan sehari-hari, bahkan internet sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Kita sering menggunakan internet untuk mencari informasi, melakukan chatting ataupun  mengirimkan surat secara elektronik (Email).
Internet mungkin sudah tidak asing lagi bagi kehidupan kita,tetapi apa yang sebenarnya disebut dengan internet? Internet berasal dari dua kata yaitu kata internasional dan networking. Kata internasional menunjukan  linkup bahwa jangkauan dari internet menjangkau seluruh belahan dunia. Sedangkan kata networking memiliki arti sambungan atau jaringan.dari dua pengertian itu dapat kita simpulkan bahwa internet merupakan sambung-sambungan antar computer yang membentuk jaringan yang menjangkau seluruh belahan dunia.
Berkaitan dengan sambungan atau jaringan computer kita juga mengenal kata internet.internet adalah sebuah jaringan komputeryang digunakan untuk kepentingan internaldalam suatu instansiatau perusahaan dengan menggunakansumber daya computer yang ada.

B.     SEJARAH INTERNET/INTRANET
1.      Internet pertama kali dikenal pada tahun 1963 di Amerika Serikat, dimana pada saat itu hubungan antar computer dipakai untuk operasi pengendali perang dingin. Melalui advanced research project afency (ARPA) merintis jaringan ARPANET.jaringan Arpanet ini yang kemudian disebut sebaggai cikal bakal dari internet.
2.      Tahun 1980 jaringan Arpanet mulai digunakan untuk menghubungkan computer pada lembaga pendidikan atau universitas terkemuka di Amerika. Pada tahun ini juga jaringansudah mulai dipakai oleh instansi-instansi strategisdan lembaga-lembaga riset.
3.      Tahun 1982 Protocol Standar TCP/IP mulai diperkenalkan
4.      Tahun 1984 mulai digunakan domain untuk menandai sebuah computer
5.      Tahun 1986 lahir NSFNET (National Center of Supercomputer Aplication) sebagai jaringan riset yang akan menggantikan ARPANET.
6.      Tahun 1990 jaringan ARPANET resmi dibubarkan dan digantikan dengan jaringan NSFNET.
7.      Tahun 1990 mulai diperkenalkan layanan berbasis www (World Wide Web) yang tidak hanya berbasis teks tapi gambar.
8.      Tahun 1993 IntelNIC mendirikan organisasi yang melayani pendaftaran nama domain untuk pengguna Internet.
9.      Tahun 1994 Internet sudah mulai masuk dan digunakan di Indonesia.

Posting Komentar untuk "PENGERTIAN INTERNET/INTRANET dan SEJARAH SINGKAT INTERNET"